Diantara dampak buruk syahwat adalah merusak karakter dan
jiwa manusia hingga ia mengikuti hewan yang hidup dan jalannya dikendalikan
syahwat.
Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan bahwa pemuja syahwat
memiliki tingkat-tingkatan sesuai dengan tingkatan hewan yang ia serupai dalam
perilaku dan wataknya.
فمنهم من نفسه كلبية لو صادف
جيفة تشبع ألف كلب لوقع عليها وحماها من سائر الكلاب ونبح كل كلب يدنو منها ، همه
شبع بطنه من أي طعام اتفق ميتة أو مذكى خبيث أو طيب ، ولا يستحى من قبيح .
Diantara
manusia memiliki jiwa seperti anjing. Andai ia menjumpai seonggok bangkai yang
mengenyangkan seribu anjing, niscaya ia akan menguasai dan melindungi bangkai
tersebut dari rongrongan anjing-anjing yang lain. Ia menggonggongi
anjing-anjing yang lain yang mendekat ke arahnya. Ambisinya hanyalah
mengenyangkan perutnya dengan makanan apapun yang ia jumpai baik bangkai, hewan
yang disembelih dengan cara keji ataupun cara yang baik. Iapun tak punya malu
memakan sesuatu yang menjijikkan.
ومنهم من نفسه حمارية لم
تخلق إلا للكدر والعلف كلما زيد في علفه زيد في كده أبكم الحيوان وأقله بصيرة
Diantara
manusia memiliki jiwa seperti keledai yang tidaklah diciptakan kecuali untuk
membuat rusuh dan memakan makanan. Setiap kali bertambah makanannya, bertambah
pula usahanya. Hewan yang paling bisu dan paling bodoh.
ومنهم من نفسه سبعية غضبية
همته العدوان على الناس وقهرهم بما وصلت إليه قدرته
Diantara
manusia memiliki jiwa seperti binatang buas yang bengis. Ambisinya hanyalah
membuat permusuhan antar manusia, mengalahkan mereka dengan kedudukan yang ia
capai.
ومنهم من نفسه فأرية فاسق
بطبعه مفسد لما جاروه
Diantara
manusia memiliki jiwa seperti tikus, licik wataknya dan perusak dengan
kesewenang-wenangan.
ومنهم من نفسه على نفوس ذوات
السموم والحمات كالحية والعقرب وغيرهما وهذا الضرب هو الذي يؤذي بعينه فيُدخل
الرجل القبر والجمل القدر
Diantara
manusia memiliki jiwa seperti hewan berbisa dan penyengat seperti ular dan
kalajengking dan selain keduanya. Perumpaaan ini bagi manusia yang menyakiti
orang lain dengan matanya (penyakit ain) yang menyebabkan seseorang masuk ke
kuburan dan unta disembelih.
(Maksudnya ain ini menjadi sebab seseorang terbunuh
hingga akhirnya ia dimasukan ke dalam kuburan. Ain juga menimpa hewan onta yang
menyebabkan hewan tersebut berguncang kemudian disembelih lalu dimasak. Lihat At-Tanwir
Syarh Al Jami’ Ash Shaghir. -pen)
ومن الناس من طبعه طبع خنزير
يمر بالطيبات فلا يلوى عليها فإذا قام الإنسان عن رجيعه قمه ، وهكذا كثير من الناس
يسمع منك ويرى من المحاسن أضعاف أضعاف المساوىء فلا يحفظها ولا ينقلها ولا تناسبه
فإذا رأى سقطة
أو كلمة عوراء وجد بغيته وما يناسبها فجعلها فاكهته ونقله
أو كلمة عوراء وجد بغيته وما يناسبها فجعلها فاكهته ونقله
Diantara
manusia memiliki watak seperti babi yang berlalu begitu saja ketika melewati
makanan yang baik-baik bahkan tak menoleh sedikitpun. Akan tetapi tatkala
manusia mebuang kotorannya hewan ini pun bergegas untuk memakannya. Demikianlah
sifat kebanyakan orang, ia mendengar kebaikan tentang dirimu dan bahkan melihat
kebaikan-kebaikan yang berlipat ganda maka iapun tak mengingatnya dan tidak
menyebarkannya. Namun tatkala ia melihat kesalahan atau aib, seakan ia
menemukan barang cariannya dan yang semisalnya. Serta merta ia jadikan sebagai
buah (bibir) dan membicarakannya.
ومنهم من هو على طبيعة
الطاووس ليس له إلا التطوس والتزين بالريش
Diantara
manusia memiliki perangai seperti burung merak. Tidak ada yang ia lakukan
kecuali berdandan, berhias dengan bulu-bulunya.
ومنهم من هو على طبيعة الجمل
أحقد الحيوان وأغلظه كبدا
Diantara
manusia memiliki karakter seperti unta, hewan yang paling pendendam dan keras
hatinya.
ومنهم من هو على طبيعة الدب
أبكم خبيث وعلى طبيعة القرد
Diantara
manusia memiliki perangai seperti beruang, bisu lagi keji. Sebagian lagi
memiliki perilaku seperti kera.
وأحمد طبائع الحيوانات طبائع
الخيل التي هي أشرف الحيوانات نفوسا وأكرمها طبعا وكذلك الغنم
Dan perangai
hewan yang paling terpuji adalah perangainya kuda. Kuda memiliki jiwa yang
paling baik dengan watak paling mulia. Demikian pula perangai kambing. (Madarijus Salikin,
1:403)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar