Minggu, 24 Juni 2018

Menjatuhkan Talak Karena Dipaksa


Kasus pertama

Bagaimana hukumnya seorang suami mengatakan cerai sebanyak 3X beturut – turut kepada istrinya dalam keadaan sadar namun terpaksa, karena harus bertanggung jawab telah menzinahi wanita lain sampai hamil, sang suami diberi persyaratan harus menikahi wanita yang dizinahinya ini dan harus menceraikan istrinya karena kalau tidak menikahi wanita tersebut maka dia akan dilaporkan ke pihak yang berwajib?.

Kasus kedua

Seorang suami menikah siri tanpa setahu dan seijin istri pertama. Seiring berjalannya waktu, hal itu diketahui istri pertama dan keluarganya, kemudian si suami dipaksa untuk menceraikan istri kedua yang dinikahi siri tersebut. Si suami bahkan dipaksa harus talak 3, padahal si suami masih mencintai si istri keduanya. Seiring berjalannya waktu, si suami akhirnya bercerai dengan istri pertamanya. Bisakah si suami menikahi lagi mantan istri keduanya tadi, sedangkan si mantan istri kedua belum pernah menikah lagi setelah di talak 3 tadi. Apakah mantan istri kedua harus menikah dengan orang lain dulu baru boleh menikah dengan mantan suami yang mentalak 3 atas kemauan istri pertamanya tadi.

Kasus ketiga

Suami saya telah menjatuhkan talak kepada saya di depan hakim saja untuk mengakhiri pernikahan secara undang-undang, agar dia dibolehkan menikah dengan istri kedua, namun sebenarnya dia masih menjadi suami saya yang sah, akan tetapi hakim menekan dan memaksanya untuk menceraikan saya di bawah al Qur’an, kalau tidak maka penjara menanti kita berdua, dia pun menuruti perintah hakim. Tentu suami saya tidak bermaksud untuk menceraikan saya, hanya saja undang-undang telah mengakhiri pernikahan dengan istri pertama selamanya begitu seorang suami ingin menikah lagi dengan istri kedua. Inilah yang diinginkan oleh hakim dengan paksa, apalagi saya sedang hamil ketika proses tersebut berlangsung.  Apakah talak karena undang-undang tersebut dianggap jatuh talak?, apakah kami wajib membayar denda (kaffarat)?, kami ingin terbebas dari setiap dosa; karena banyak masalah yang mengitari kami dari semua sisi, besar perkiraan kami karena keburukan maksiat.

Pembahasan

Melihat ketiga kasus diatas, inti permasalahannya adalah seseorang yang dipaksa untuk menjatuhkan talak, apakah talak tersebut sah sehingga suami dan istri tersebut menjadi bercerai?.

Jika seorang suami dipaksa untuk menceraikan istrinya dengan diancam akan disakiti fisik dan hartanya atau diancam dengan penjara, dari seseorang yang dianggap mampu untuk melaksanakan ancamannya tersebut, maka dalam kondisi seperti itu tidak dianggap jatuh talak. Karena hukum talak yang dilakukan karena dipaksa adalah tidak sah, demikian yang disampaikan oleh para ulama diantaranya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, para ulama yang tergabung dalam Lajnah Daaimah. Imam Ibnu Utsaimin berkata :

إنما يقع الطلاق إذا أراده الإنسان إرادةً حقيقية وكتبه بيده أو نطقه بلسانه مريداً له غير ملجأ إليه ولا مغلقٍ عليه ولا مكره ، فهذا الذي يقع طلاقه
“Talak yang sah itu talak yang dilakukan dengan keinginan yang hakiki, atau ditulis dengan tangan sendiri atau diucapkan dengan lisannya sendiri karena menginginkan cerai, bukan dalam rangka mencari pelarian, atau ga ada pilihan atau karena dipaksa, ini semua adalah talak yang tidak sah.” (Fatawa Nurun Alad Darb : 10/359).

Diantar dalil yang melandasi ucapan para ulama ini adalah sabda Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam :

إِنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ عَنْ أُمَّتِي الْخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا عَلَيْهِ
Sesungguhnya Allah memaafkan umatnya jika mereka melakukan kesalahan karena tidak sengaja, lupa dan karena dipaksa.” (HR Ibnu Majah : 2043 dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu juga menyatakan :

لَيْسَ لِمُكْرَهٍ طَلاَقٌ
“Orang yang dipaksa itu tidak berlaku talak baginya.” (HR Baihaqi dalam Sunan Al Kubra : 15499 dishahihkan oleh Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam I’lamul Muwaqqi’in : 3/38).

Atas dasar itulah maka meskipun suami telah mengucapkan kata talak, maka perceraian itu tidak terjadi; karena dia dalam kondisi terpaksa.

Dan jika lafadz talak tidak di ucapkan, tapi ditulis atau terjadi hanya di atas dokumen tertentu tanpa ada niat untuk menjatuhkan talak; maka talak lebih tidak terjadi; karena perceraian melalui tulisan tidak terjadi kecuali dengan disertai niat talak.

Dalam kasus ketiga, menikah dengan istri kedua hukumnya mubah dalam syari`at, bisa jadi sunnah dan bisa jadi wajib, dan tidak seorang pun boleh melarangnya atau memaksanya untuk menceraikan istri pertamanya terlebih dahulu.

Dan sebaiknya istri pertama menguatkan apa saja yang menjadi hak-nya dari sang suami, seperti; mas kawin yang belum dibayarkan atau yang lainnya; karena dia setelah proses perceraian menurut pengadilan tidak dianggap istri yang sah di hadapan undang-undang.

Dalam kasus pertama dan kedua terjadi talak 3 sekaligus. Disini kami menguatkan pendapat tentang haramnya talak 3 sekaligus, sebagaimana yang telah ditentukan oleh Rasulullah dalam hadits-hadits beliau bahwa talak 3 sekaligus, jatuhnya tetap pada talak 1.

Rukanah bin Abdullah mentalak istrinya tiga sekaligus dalam satu waktu. Lalu ia merasa sangat sedih. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadanya, “Bagaimana kamu mentalaknya?” Dia menjawab, “Aku mentalaknya tiga kali.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Dalam satu waktu?” Dia menjawab, “Ya.”

قَالَ: إِنَّمَا تِلْكَ وَاحِدَةٌ فَأَرْجِعْهَا إِنْ شِئْتَ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang demikian itu adalah talak satu, maka kembalilah jika kamu mau.”

Lalu, dia kembali kepadanya.

Imam Ahmad berkata, “Said bin Ibrahim telah meriwayatkan kepada kami, ayahku telah menceritakan kepadaku dari Muhammad bin Ishar, Daud bin Husain menceritakan kepadaku dari Ikrimah -maula (mantan budak) Ibnu Abbas- dia berkata, “Setiap talak itu harus dalam keadaan suci.” (HR. Ahmad).

Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang mentalak istrinya dengan talak tiga sekaligus.

فَقَامَ غَضْبَانَ، ثُمَّ قَالَ: أَيَلْعَبُ بِكِتَابِ اللهِ وَأَنَا بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ؟ حَتَّى قَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ أَلاَ أَقْتُلُهُ؟
“Maka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri dalam keadaan marah, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Apakah dia hendak mempermainkan Kitab Allah (Al-Quran), sedangkan aku masih berada di tengah-tengah kalian?’ Sampai-sampai ada seorang laki-laki yang berdiri, lalu berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah aku boleh membunuhnya?’” (HR. An-Nasa’i).

Semoga Allah memberikan taufiq dan petunjuk-Nya.

Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar