Jumat, 02 September 2016

SMS Mimpi Juru Kunci Dan Ancaman (1)

Beredar sms yang berbunyi:

Ass.wr.wb. Tlg jangan dhapus sms ini dari Bp KH HABIB juru kunci gedung MEKAH ia bermimpi ketemu NABI MUHAMMAD Rosulullah SAW, dlm mimpi itu beliau brpesan, kuatkan Akidah dalam ibadah. Krna dunia sudah goyang dan tua, jangan tnggalkan sholat. Tolong sebarkan sms ini ke 20 muslim, insya ALLAH dlm wktu 10 hari kamu akan dapat rizki besar, dan bila tidak disebarkan maka kamu akan menemukan kesulitan yang tidak henti2nya
(demi ALLAH terbukti)...

SMS ini sudah beredar sejak th 2011, dengan nama yang berbeda-beda. Kadang namanya Bp Kholil, sekarang Bp KH Habib. Memang ini adalah kerjaan orang iseng yang lucunya diikuti oleh orang-orang ahli copy paste.

Sambil iseng dipikir pikir ada benernya juga kalau liat pesannya bahwa 
  • kita memang harus menguatkan aqidah, dan jangan meninggalkan sholat, karena dunia memang sudah goyang dan tua.

Masih dalam posisi iseng iseng mikir :
  • Bp. KH HABIB ini bapaknya siapa coba?
  • di Mekah pastilah banyak gedung, ada gedung perpustakaan, juga ada gedung mall, ada gedung universitas dan gedung gedung lainnya,
  • lalu Bp. KH HABIB ini pegang kunci gedung apaan ya?

Iseng iseng mikirnya berlanjut ke harapan dan ancamannya untuk menyebarkan SMS ini ke 20 orang muslim :
  • siapa sih yang ngga mau dalam jangka waktu 10 hari kita bakal dapet rezeki besar, apalagi emang hari ini lagi bokek ... ya mau lah,
  • Tapi.....kalau ngga disebarkan bakalan dapet kesulitan yang ngga berenti berenti,  sebegitu murkanyakah ALLAH kepada yang menerima SMS ini bila tidak menyebarkan SMS ini ke 20 orang muslim?

bukan soal 20 orang  muslimnya, tapi hari ini saya lagi ngga punya pulsa...hehehe...

Jawaban ilmiahnya:

*Pertama* : Pengakuan siapa saja di masa sekarang ini yang mengaku bertemu Rasulullah sama sekali tidak bisa diyakini kebenarannya. Orang yang pernah melihat Rasulullah adalah generasi para sahabat, sementara pada masa sekarang ini tidak ada yang pernah bertemu Rasulullah. Lantas, bagaimana mungkin orang yang bermimpi itu bisa menyimpulkan bahwa sosok yang ditemuinya dalam mimpi adalah Rasulullah? Orang yang bermimpi itu hanya menduga-duga saja, tidak bisa dijamin kebenarannya alias diragukan.

*Kedua* : Mimpi bukanlah sumber hukum Islam. Sumber hukum Islam adalah Al Quran, Al Hadis, dan yang disahkan keduanya yaitu Ijma’ sahabat dan qiyas. Dalam mempelajari hadis kita akan menemukan istilah sanad dan perawi. Jika perintah itu berasal dari mimpi bertemu “nabi”, lantas bagaimana sanad dan perawinya? Tentu sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan dari sudut pandang ilmu hadits. Bahkan, kata-kata dari mimpi itu tidak bisa dimasukkan dalam kitab hadis karena memang bukan hadis. Oleh karena itu, perintah dari mimpi tidak perlu dilaksanakan.

Apabila perintahnya adalah kebaikan, misalnya memerintahkan untuk sholat, berzakat, naik haji, dan lain sebagainya, maka kita melaksanakannya bukan karena berdasar mimpi, tetapi karena memang ada perintah itu di dalam Al Quran dan hadis. Bukan karena mimpi.

Apabila perintahnya adalah sesuatu yang bertentangan dengan hukum Islam, misalnya memerintahkan untuk menyembah yang selain Allah, berzina, mencuri, dan lain sebagainya, maka wajib ditinggalkan.

Jika perintah dari mimpi-mimpi setiap orang kita anggap sebagai sumber hukum Islam, maka akan rusaklah ajaran agama Islam ini. Setiap orang bisa saja mengaku bermimpi nabi yang mengatakan ini-itu. Akan timbul banyak aliran sesat di tengah-tengah masyarakat.

*Ketiga* : Saat ini memang sering ditemukan adanya sms dan selebaran yang memerintahkan ini-itu. Katanya perintah itu berasal dari seseorang yang bermimpi bertemu nabi. Kita disuruh menyebar-luaskan perintah itu kepada sekian orang. Kalau kita tidak menyebarkannya, maka kita akan sial. Jika anda menemukan sms dan selebaran yang seperti itu, nasihatilah orang yang mengirimkannya kepada anda. Jika anda tidak tahu dari siapa, maka buanglah jauh-jauh. Anda tidak perlu menyebarkannya karena berarti anda ikut menyesatkan banyak orang. Berarti pula anda ikut bertanggung jawab alias menanggung dosanya.

Ingatlah, bahwa percaya kepada sms yang bisa memberikan manfaat atau mudharat, ini adalah kesyirikan. Dan ganjaran dari perbuatan syirik adalah neraka jahanam.


Semoga anda tidak bingung lagi dengan sms/selebaran tidak bertanggung jawab seperti sms di atas itu.

16 komentar:

  1. Jumat, 10 Oktober 2014

    Pesan Misterius - Mimpi Juru Kunci

    Ass. Wr. Wb.Tlng jangan dihapus pesan ini dari Bp KH HABIB juru kunci gedung MEKAH Ia bermimpi ke temu Nabi MUHAMMAD Rosulullah SAW dlm mimpi itu Beliau berpesan , kuatkan Akidah dlm Ibadah. Karena dunia sudah goyang dan tua , jngn tinggalkan sholat . Tlng sebarkan pesan ini ke 20 muslim , insya ALLAH dlm wkt 10 hari kamu akan dpt rizki besar,&bila tidak di sebarkan maka kmu akan menemukan kesulitan yg tdk henti2nya (demi Allah trbukti) bagi yang non-muslim mohon maaf :)

    Saudara mungkin pernah mendapat SMS/BBM seperti ini, jika diperhatikan dengan jeli, maka kita bisa menyimpulkan beberapa hal, salh satunya disini, ada beberapa hal yang seakan membuat pesan ini punya kekuatan atas nasib, padahal hanya Allah SWT Yang Maha Kuasa lagi Maha Adil yang dapat mengatur nasib manusia dalam hal rezeki dan bala'.

    "Surat tentang peringatan terakhir Nabi masih beredar hingga kini. Bahkan menyebar di dunia maya, melalui situs, email, atau milis. Isi wasiatnya sama: kiamat sudah dekat. Bedanya, kali ini penerima wasiatnya adalah Syekh Ahmad, juru kunci makam Nabi.

    Banyak orang mempertanyakan kebenarannya. Bagi ulama besar Mesir Syekh Yusuf al-Qaradhawi, kemunculan surat wasiat ini bukan saja baru-baru ini, tetapi dia telah melihatnya sejak puluhan tahun lalu. Syekh Yusuf lalu mencari informasi tentang Syekh Ahmad dan aktivitasnya kepada orang-orang di Madinah dan Hijaz. Ternyata tak seorang pun pernah melihat dan mendengar berita mengenai Syekh Ahmad. Syekh Yusuf lalu memberikan fatwa dalam bukunya Hadyul Islam Fatawi Mu’ashirah pada 2001 –terbit dalam bahasa Indonesia menjadiFatwa-Fatwa Kontemporer. Isinya: segala isi pesan terakhir Nabi itu tak ada arti dan nilainya sama sekali dalam pandangan agama.


    Majelis Fatwa Kebangsaan Malaysia pada 1978 mengeluarkan fatwa terhadap selebaran itu: “Barang siapa dengan sengaja menyebarkan risalah ini adalah melakukan syirik dan tidak mustahil jatuh murtad, melainkan dia bertaubat dan menarik balik perbuatannya itu terhadap siapa pun yang telah dikirimkan risalah ini.” Menurut Majelis, antara tahun 1881 sampai 1979, tak ada penjaga makam Nabi bernama Syekh Ahmad."




    http://daffathemage.blogspot.co.id/2014/10/sms-misterius-mimpi-juru-kunci.html

    BalasHapus
  2. Analisanya cermat bang. Emang apa cuma gara gara nggak ngirim SMS terus dapat keburukan selama bertahun tahun. Nasib dan takdir kan udh ditentuin kan. Masak iya cuma gegara nggak ngirim SMS dapat keburukan.

    BalasHapus
  3. Ingatlah, bahwa percaya kepada sms yang bisa memberikan manfaat atau mudharat, ini adalah kesyirikan. Dan ganjaran dari perbuatan syirik adalah neraka jahanam.

    BalasHapus
  4. Setuju... Hari ini saya dapat WA seperti diatas.. langsung saya kasih link ini... Terimakasih admin

    BalasHapus
  5. Ah iya setuju,saya juga tadi dikirim gituan sama adek kelas saya tapi saya ga percaya akhirnya saya buka google saja dan ketemu ini😆

    BalasHapus
  6. Akhirnya dapat pencerahan juga

    BalasHapus
  7. Ha ha ha jangan percaya hoax ya...!!!

    BalasHapus
  8. Yg wa ke saya Nama juru kunci nya Khr moh kholil.
    Search di Google "juru kunci kabah & Khr moh kholil"gak nemu Satu pun.

    Ada Juga Yg namanya Khr muhamad kholil
    Itu Ulama Nusantara kalau gak Salah dari madura.

    BalasHapus
  9. Kan.dari dulu gw Nemu ke gini.gk ada percayanya.mau komentar hoax takut di kira kafir.gitu.wkwkwkwk.akhirnya punya bukti')

    BalasHapus
  10. Setuju..jgn ap" cuma percaya dengan mimpi,tapai yakin lh dg Allah,n pedoman al Qur'an

    BalasHapus
  11. Dari tahun 2016 sampe 2020 bjir hoax nya kaya janji kampanye pilpres🤭

    BalasHapus