Apa itu Tabarruj…?
Tabarruj yakni bila “seorang wanita menampakkan perhiasannya dan kecantikannya serta terlihat bagian-bagian yang seharusnya wajib ditutupi, dimana bagian-bagian itu akan memancing syahwat pria.” [ Fathul Bayan 7 / 274 ]
Allah Azza wajalla tentang permasalahan ini bersabda dalam Surah Al-Ahzab:
وَقَرْنَ
فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى
وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا
يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ
تَطْهِيرًا
Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan
janganlah kalian bertabarruj seperti bertabarruj-nya wanita jahiliyyah dahulu,
dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ta`atilah Allah dan Rasul-Nya.
Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul-bait dan
membersihkan kamu sebersih-bersihnya. [QS Al-Ahzab : 33 ]
Imam Adz-Dzahabi berkata dalam “Al-Kaba`ir” yakni “Di antara perbuatan yang menyebabkan para wanita mendapat laknat adalah menampakkan perhiasan emas dan permata yang ada di balik pakaiannya, memakai misk, anbar (nama sejenis minyak wangi) dan parfum jika keluar dari rumah, memakai pakaian-pakaian yang dicelup, sarung-sarung sutera dan penutup kepala yang pendek, bersamaan dengan itu dia memajangkan pakaian, meluaskan dan memanjangkan ujung lengan pakaian. Semua itu termasuk tabarruj yang Allah murkai. Allah murka kepada pelakunya di dunia dan akhirat.
Karena perbuatan-perbuatan ini yang banyak dilakukan wanita,
Rasulullah Shalallohu`alaihi wasallam bersabda:
اطَّلَعْتُ فِي النَّارِ
فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ
“....... Aku memandang ke neraka, maka aku
melihat kebanyakan penghuninya adalah wanita.” [HR Bukhari, Tirmidzi, dan Ahmad]
Dari Imran bin Hushain berkata : “Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : “Sesungguhnya penghuni Surga yang paling sedikit adalah para wanita....’ “ (HR. Muslim, An Nasa’i)
Syaikh Al-Albani berkata: “Islam telah bersikap keras dalam memperingatkan ummatnya dari perbuatan tabarruj ini hingga menyandingkannya dengan kesyirikan, zina, mencuri dan perbuatan haram lainnya. Itu terjadi ketika Nabi Shalallohu`alaihi wasallam membai`at para wanita agar mereka tidak melakukan hal-hal itu. Abdullah bin `Amr radhiyallahu`anhu berkata: Umaimah binti Ruqaiqah datang kepada Rasulullah Shalallohu`alaihi wasallam untuk berbai`at kepada beliau, maka beliau berkata: “Saya akan membai’atmu untuk engkau tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun, jangan engkau mencuri, berzina, membunuh anakmu, melakukan kebohongan yang engkau buat antara hadapanmu dan antara dua kakimu, jangan meratap dan jangan bertabarrujnya jahiliyyah dahulu.”
Kejelekan Tabarruj (Berhias)
Pertama, tabarruj adalah maksiat kepada
Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya.
Barang siapa yang maksiat kepada Allah subhanahu wa ta’ala
dan Rasul-Nya maka ia hanya akan mencelakakan dirinya sendiri dan tidak akan
mencelakakan Allah sedikit pun. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
كُلُّ
أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ
وَمَنْ يَأْبَى؟ قَالَ: مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ
أَبَى
“Semua
umatku akan masuk surga kecuali orang yang enggan”, para sahabat bertanya: “Ya
Rasulullah siapakah orang yang enggan?” Beliau menjawab, “Siapa yang taat
kepadaku maka ia akan masuk surga dan siapa yang maksiat kepadaku maka ia telah
enggan (untuk masuk surga).”
(HR. Bukhari)
Kedua, tabarruj menyebabkan laknat dan dijauhkan dari rahmat Allah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
سَيَكُونُ فِي آخِرِ أُمَّتِي نِسَاءٌ
كَاسِيَاتٌ، عَارِيَاتٌ، عَلَى رُءُوسِهِنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ،
الْعَنُوهُنَّ فَإِنَّهُنَّ مَلْعُونَاتٌ
“Akan
ada pada akhir umatku nanti wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang,
kepala mereka seakan-akan punuk unta, laknatlah mereka karena sesungguhnya
mereka adalah wanita-wanita terlaknat!” (HR. ath-Thabarani dalam al-Mu’jam ash- Shaghir hlm. 232, dinyatakan sahih oleh al-Albani dalam Jilbab hlm. 125)
Ada dua tafsiran dalam hadits ini tentang maksud berpakaian
tapi telanjang. Pertama adalah wanita yang berpakaian tebal akan tetapi ketat
sehingga menggambarkan lekuk-lekuk tubuhnya. Kedua adalah wanita yang memakai
pakaian lebar akan tetapi transparan sehingga terlihat tubuhnya. Maka bagaimana
dengan keadaan wanita sekarang yang berpakaian minim sekaligus transparan??
Ketiga, tabarruj adalah sifat penghuni
neraka.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
صِنْفَانِ
مِنْ أهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا : قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأذْنَابِ
البَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ ...
“Ada dua golongan penghuni neraka yang aku
belum pernah melihatnya: Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang
digunakan untuk memukul manusia, dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi
telanjang…”
صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا (وَذَكَرَ):
وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ
الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا
وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَ
“Dua jenis ahli neraka aku belum pernah
melihat mereka (sebelumnya)…” lalu beliau menyebutkan,“Dan
wanita wanita yang berpakaian namun telanjang, menyimpangkan (orang yang
melihatnya), berlenggak-lenggok (jalannya), dan kepala mereka seperti punuk
unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga, bahkan tidak akan mencium
aromanya, padahal aroma surga dapat dicium dari jarak sekian dan sekian….” (HR. Muslim no. 2128)
Keempat, tabarruj penyebab
hitam dan gelap di hari kiamat.
Diriwayatkan dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam, beliau bersabda:
مَثَلُ
الرَّافِلَةِ في الزِّينَةِ في غَيْرِ أهْلِهَا ، كَمَثَلِ ظُلْمَةٍ يَوْمَ
القِيَامَةِ لاَ نُورَ لهَا
“Permisalan wanita yang berhias untuk selain
suaminya, adalah bagaikan kegelapan pada hari kiamat, tidak ada cahaya
baginya.”
Maksudnya adalah wanita yang berlenggak-lenggok ketika berjalan dengan menarik pakaiannya, akan datang pada hari kiamat dalam keadaan hitam dan gelap, bagaikan berlenggak-lenggok dalam kegelapan. Dan hadits ini walaupun lemah, tetapi artinya benar, karena kenikmatan dalam maksiat adalah siksaan, wangi-wangian akan menjadi busuk dan cahaya menjadi kegelapan. Kebalikan dari taat, bahwa bau mulut orang yang berpuasa dan darah orang yang mati syahid lebih harum di sisi Allah dari bau minyak kasturi."
Kelima,
tabarruj adalah kemunafikan.
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
خَيْرُ
نِسَائِكُمُ الوَدُودُ الوَلُودُ ، المُوَاسِيَةُ ، المُوَاتِيَةُ ، إذَا
اتَّقَيْنَ اللهَ، وَشَرُّ نِسَائِكُمُ المُتَبَرِّجَاتُ المُتَخَيِّلاَتُ وَهُنَّ
المُنَافِقَاتُ ، لاَ يَدْخُلْنَ الجَنَّةَ إلاَّ مِثْلَ الغُرَابِ الأعْصَمِ
“Sebaik-baik
wanita kalian adalah yang memiliki kasih sayang, subur (banyak anak), suka
menghibur dan siap melayani, bila mereka bertakwa kepada Allah. Dan
sejelek-jelek wanita kalian adalah wanita pesolek dan penghayal mereka itu adalah
wanita-wanita munafik, mereka tidak akan masuk surga kecuali seperti ghurab
a’sham.”
Yang dimaksud ghurab a’sham adalah burung gagak yang memiliki
cakar dan kaki merah, pertanda minimnya wanita masuk surga, karena burung gagak
yang memiliki sifat seperti ini sangat jarang ditemukan.
Keenam,
tabarruj mengoyak tirai pelindung dan membuka aib.
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
أيَّمَا
امْرَأَةٍ وَضَعَتْ ثِيَابَهَا فِي غَيْرِ بَيْتِ زَوْجِهَا، فَقَدْ هَتَكَتْ
سِتْرَ مَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ
“Siapa saja di
antara wanita yang menanggalkan pakaian-nya di selain rumah suaminya, maka ia
telah mengoyak tirai pelindung antara dirinya dan Allah Azza wa Jalla.”
Ketujuh, tabarruj adalah perbuatan keji.
Wanita adalah aurat dan membuka aurat adalah merupakan keji.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
وَإِذَا
فَعَلُوا فَاحِشَةً قَالُوا وَجَدْنَا عَلَيْهَا آبَاءَنَا وَاللَّهُ أَمَرَنَا بِهَا قُلْ إِنَّ اللَّهَ لا
يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ أَتَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ
مَا لا تَعْلَمُونَ
“Dan apabila mereka melakukan perbuatan
keji, mereka berkata: “Kami mendapati nenek moyang Kami mengerjakan yang
demikian itu, dan Allah menyuruh Kami mengerjakan-nya. “Katakanlah:
“Sesungguhnya Allah tidak menyuruh (mengerjakan) perbuatan yang keji” mengapa
kamu mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?” (QS. Al A’raf: 28)
Sebenarnya syaitanlah yang memerintahkan manusia melakukan
perbuatan keji sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala:
الشَّيْطَانُ
يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا
وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
“Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu
dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah
menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. dan Allah Maha Luas
(karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 268)
Apakah kita ingin menjadikan syaitan sebagai pelindung selain
Allah:
وَإِذْ
قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ
أَمْرِ رَبِّهِ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ
أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ
بَدَلا
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman
kepada Para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam, Maka sujudlah(*) mereka
kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, Maka ia mendurhakai perintah
Tuhannya. Patutkah kamu mengambil Dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin
selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu
sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Kahfi: 50)
(*) Sujud di sini berarti menghormati dan memuliakan Adam,
bukanlah berarti sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan diri
itu hanyalah semata-mata kepada Allah.
Kedelapan, tabarruj adalah ajaran iblis.
Pelajaran ini bisa diambil dari kisah Adam dan Hawa yang
terbujuk dengan rayuan iblis sehingga akhirnya terlepaslah aurat yang menutupi
keduanya akibat bermaksiat kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Kisah Adam
dengan iblis memberikan gambaran kepada kita bagaimana musuh Allah tersebut
membuka peluang untuk melakukan dosa dan mengoyak tirai pelindung dirinya,
tabarruj merupakan tujuan yang diinginkan oleh syaitan, Allah subhanahu wa
ta’ala berfirman,
يَا
بَنِي آدَمَ لا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا
لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا إِنَّهُ
يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لا تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لا
يُؤْمِنُونَ
“Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu
dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu
dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan
kepada keduanya ‘auratnya.”
(QS. Al A’raf 27)
Jadi iblislah yang memerintahkan tabarruj dan membuka pakaian
di hadapan manusia. Dialah pemimpin utama dari pencetus dengan istilah yang
dinamakan sekarang ini dengan sebutan Tahrirul mar’ah (Pembebasan
wanita).
Kesembilan, tabarruj adalah gaya hidup
orang-orang Yahudi.
Orang-orang Yahudi memiliki peran yang sangat besar dalam
menghancurkan umat ini melalui wanita, dan kaum wanita memang memiliki
pengalaman di bidang ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَاتَّقُوا
الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ ، فَإنَّ أوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إسْرَائِيلَ
كَانَتْ في النِّسَاءِ
“Hati-hatilah pada dunia!, hati-hatilah
pada wanita! Sesungguhnya fitnah (musibah) pertama yang menimpa bani Israil
(kaum Yahudi) adalah dari wanita.”
Kesepuluh, tabarruj
adalah Jahiliyah busuk.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَقَرْنَ
فِي بُيُوتِكُنَّ وَلاَ تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الجَاهِلِيَّةِ الأُولَى
“Dan hendaklah
kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti
orang-orang jahiliyah.” (Q.S. Al-Ahzab: 33)
Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam telah menyifati ajakan Jahiliyah sebagai ajakan busuk dan kotor. Jadi ajakan Jahiliyah adalah saudara kandung Tabarruj Jahiliyah. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
كُلُّ
شَيْءٍ مِنْ أمْرِ الجَاهِلِيَّةِ مَوْضُوعٌ تَحْتَ قَدَمِي
“Semua yang
merupakan perkara Jahiliyah tersimpan di bawah telapak kakiku.”
Baik itu bernama Tabarruj Jahiliyah, ajakan Jahiliyah ataupun kesombongan Jahiliyah.
Kesebelas, tabarruj adalah perbuatan Jahiliah
yang sangat tercela.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam rangka mencela orang-orang
Yahudi,
أَفَحُكْمَ
الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
“Apakah hukum Jahiliah yang mereka
kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi
orang-orang yang yakin?”
(QS. Al Maidah: 50)
Nabi telah menyifati ajakan Jahiliah sebagai ajakan busuk dan
kotor, ajakan jahiliah selaras dengan tabarruj jahiliah. Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda ketika memperingatkan salah seorang sahabatnya:
إن فيك امر جاهلية
“Sesungguhnya pada dirimu ada perkara
Jahiliyyah.” (HR.
Bukhari)
Dan Jahiliah mencakup semua perkara jahiliah baik tabarruj
jahiliah ataupun perbuatan-perbuatan jahiliah lainnya.
Keduabelas, tabarruj adalah keterbelakangan.
Perbuatan buka-bukaan adalah fitrah dari hewan ternak, tidak
seorang pun yang condong pada perbuatan tersebut kecuali dia akan hina, dia
akan jatuh dari kedudukan tingginya sebagai manusia menuju kedudukan yang
paling rendah bahkan lebih rendah dari hewan-hewan ternak. Dari sini tampaklah
bahwa tabarruj adalah salah satu tanda dari kerusakan fitrah manusia, tidak
adanya rasa malu dan tanda matinya hati.
Seorang penyair berkata:
Anda mengangkat pakaian hingga
lutut
Demi Allah, sungai apa yang akan
kamu seberangi
Baju itu olehmu seakan naungan di
waktu pagi
Yang semakin pendek waktu demi
waktu
Anda mengira laki-laki itu tidak
punya perasaan
Padahal Anda sendiri yang tidak
punya perasaan!!
Ketigabelas,
tabarruj adalah pintu adzab yang merata.
Seseorang yang memperhatikan nash-nash syare’at dan sejarah (Islam) akan meyakini adanya kerusakan yang ditimbulkan oleh Tabarruj dan bahayanya atas agama dan dunia, apalagi bila diperparah dengan Ikhtilath (percampurbauran antara laki-laki dan wanita).
Keempatbelas, tabarruj adalah pintu kerusakan
yang sangat nyata.
Bagi orang yang mentadabburi (membaca, memahami, memperhatikan
dengan seksama) nash-nash syariat dan sejarah islam maka akan meyakini
kerusakan yang besar akibat tabarruj. Fakta di lapangan juga membuktikan hal
tersebut, betapa banyak lelaki yang bersih hatinya menjadi rusak, menjadi penuh
dengan syahwat karena melihat perempuan-perempuan lewat di hadapannnya membuka
aurat, melenggok-lenggokkan badannya dan menebarkan pesona yang luar biasa!!.
Sehingga akibatnya terjadi banyak perbuatan keji di masyarakat, para lelaki
terdorong untuk melakukan zina, seorang lelaki menjadi mudah melakukan maksiat
dengan mengumbar pandangannya dan seterusnya, hal ini terjadi di antaranya
karena tabarruj.
Akibat dan bahaya
Tabarruj yang menakutkan
Wanita-wanita yang melakukan Tabarruj berlomba-lomba menggunakan perhiasan yang diharamkan untuk menarik perhatian kepadanya. Sesuatu yang justru akan merusak akhlak dan harta serta menjadikan wanita sebagai barang hina yang diperjualbelikan, dan di antara bahayanya adalah:
1. Rusaknya
akhlak kaum lelaki khususnya para pemuda yang terdorong melakukan zina yang
diharamkan ini.
2. Memperdagangkan
wanita sebagai sarana promosi atau untuk meningkatkan usaha perdagangan dan
sebagainya.
3. Mencelakakan
diri wanita sendiri, karena Tabarruj itu menunjukkan niat jelek dari apa yang
ia suguhkan untuk menggoda orang-orang jahat dan bodoh.
4. Tersebarnya
penyakit, seperti sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam :
لَمْ تَظْهَرِ الفَاحِشَةُ فِي قَوْمٍ
قَطُّ حَتَّى يُعْلِنُوا بِهَا إلاَّ فَشَا فِيهِمُ الطَّاعُونُ وَالأوْجَاعُ
الَّتِي لَمْ تَكُنْ فِي أسْلاَفِهِمُ الَّذِينَ مَضَوْا
“Tidaklah
suatu perbuatan zina itu nampak pada suatu kaum hingga mereka mengumum-kannya kecuali
akan tersebar di antara mereka penyakit menular dan penyakit-penyakit lain yang
belum pernah ada pada orang-orang dulu.”
5. Mempermudah
mata melakukan maksiat, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Kedua
mata zinanya adalah melihat.” Serta menyulitkan ketaatan ghadhul bashar
(menundukkan pandangan) yang merupakan sesuatu yang lebih berbahaya dari
ledakan bom atom dan gempa bumi. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Dan jika Kami hendak membinasakan
suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di
negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam
negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan
Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu dengan sehancur-hancurnya.” (Q.S. Al-Isra’: 16)
Dalam hadits juga disebutkan:
إنَّ النَّاسَ إذَا رَأَوْا المُنْكَرَ فَلَمْ يُغَيِّرُوهُ أوْشَكَ
أنْ يَعُمَّهُمُ اللهُ بِعَذَابٍ
“Sesungguhnya
manusia bila melihat kemungkaran dan tidak merubahnya, dikhawatirkan Allah akan menimpakan
mereka adzab.”
Wahai wanita muslimah! Tidakkah anda memperhatikan hadits nabi : “Buanglah duri dari jalan kaum muslimin.” Dan bila membuang duri dari jalan termasuk cabang iman, maka duri manakah yang lebih berat, batu di jalan atau fitnah yang merusak hati, menerbangkan akal dan menyebarkan kekejian di antara orang-orang mu’min.
Sesungguhnya tidaklah seorang lelaki muslim terkena fitnah pada hari ini karena anda yang telah memalingkannya dari mengingat Allah dan menghalanginya dari jalan yang lurus -padahal anda sanggup mencegahnya dari fitnah itu- kecuali di hari esok nanti Allah akan menghukum anda dengan adzab yang sangat pedih.
Wahai wanita muslimah, segeralah taat kepada Allah, tinggalkan
kritikan dan ejekan manusia, karena perhitungan Allah kelak sangat ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar